Materi dan
Pembelajaran Qurdis Kelas 1 MI
Makalah ini disusun untuk memenuhi mata kuliah
“ Materi dan Pembelajaran Qurdis di MI/SD ”
Dosen Pengampu
:
Zamzam
Mustofa, M.Pd.
Oleh:
Kelompok 6
1.
Evita Ratna Susetyaningrum (210617199)
2.
Intan Nuraini (210617190)
3.
Mabsutatur Rohmah (210617)
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO
OKTOBER 2018
SEMESTER 1
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN
KOMPETENSI DASAR
|
||
1.
|
Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang
dianutnya.
|
1.1
|
Menerima
Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan
al-Lahab (111) sebagai
firman Allah
Swt.
|
1.2
|
Membiasakan
melafalkan Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq
(113),
al-Ikhlas (112), dan al-Lahab
(111)
sehari-hari.
|
||
1.3
|
Meyakini
bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah.
|
||
2.
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin,
tanggung
jawab, santun, peduli, dan
percaya diri
dalam berinteraksi de-ngan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
|
Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan.
|
2.2
|
Terbiasa
mengamalkan ajaran Q.S.
al-Fatihah
(1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111).
|
||
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya
berdasarkan
rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
|
3.1
|
Mengenal
Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan
al-Lahab (111).
|
3.2
|
Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah
dan tanda
bacanya (fathah, kasrah
dan
dhammah).
|
||
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, da-lam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak
mulia.
|
4.1
|
Melafalkan
Q.S. al-Fatihah (1), an-Naas (114), al-Falaq (113), al-Ikhlas
(112), dan
al-Lahab (111) secara
benar dan
fasih.
|
4.2
|
Menghafalkan
Q.S. al-Fatihah (1),
an-Naas
(114), al-Falaq (113), al-Ikhlas (112), dan al-Lahab (111)
secara
benar.
|
||
4.3
|
Membaca
huruf-huruf hijaiyah
sesuai
makhraj dan tanda bacanya
(fathah,
kasrah dan dhammah).
|
SEMESTER GENAP
KOMPETENSI
INTI
|
USULAN KOMPETENSI
DASAR
|
||
1.
|
Menerima dan
menjalankan ajaran
agama yang
dianutnya.
|
1.1
|
Menerima
Q.S. an-Nasr (110) dan
Quraisy
(106) sebagai firman Allah
Swt.
|
1.2
|
Membiasakan
melafalkan Q.S. an-Nasr (110) dan Quraisy (106) sehari-hari.
|
||
1.3
|
Meyakini
bahwa Allah mecintai
orang-orang
yang menjaga kebersih-an.
|
||
2.
|
Memiliki
perilaku jujur, disiplin,
tanggung
jawab, santun, peduli, dan
percaya diri
dalam berinteraksi de-ngan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
|
Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an-Hadis.
|
2.2
|
Terbiasa
mengamalkan ajaran Q.S.
an-Nasr
(110) dan Quraisy (106).
|
||
2.3
|
Terbiasa
berperilaku bersih dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
||
3.
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat,
membaca] dan menanya
berdasarkan
rasa ingin tahu tentang
dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya
di rumah dan di sekolah.
|
3.1
|
Mengenal
Q.S. an-Nasr (110) dan
Quraisy
(106).
|
3.2
|
Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah
dan tanda
bacanya (fathatain,
kasratain,
dhammatain, sukun dan ta
sydid).
|
||
3.3
|
Mengetahui
arti hadis tentang
kebersihan
secara sederhana riwayat
Muslim.
الطَّهُورَةُ من الإيمَان
|
||
3.4
|
Memahami isi kandungan hadis
tentang kebersihan secara
sederhana
riwayat
Muslim dari Abu Malik al-Asy’ari.
الطَّهُورَةُ من الإيمَان
|
||
4.
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, da-lam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak
mulia.
|
4.1
|
Melafalkan
Q.S. an-Nasr (110) dan
Quraisy
(106) secara benar dan fasih.
|
4.2
|
Menghafalkan
Q.S. an-Nasr (110)
dan Quraisy
(106) secara benar.
|
||
4.3
|
Membaca
huruf-huruf hijaiyah sesu-ai mahraj dan tanda bacanya (fatha-tain, kasratain,
dhammatain, sukun
dan
tasydid).
|
||
4.4
|
Menghafalkan
hadis tentang
kebersihan
riwayat Muslim dari Abu
Malik
al-Asy’ari.
|
PEMBAHASAN
A.
Desain Materi
Qur’an Hadis Kelas 1 MI
1.
Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya (fathah, kasrah, dan dhammah).
a)
Huruf Hijaiyah
Huruf Hijaiyah adalah huruf arab yang
jumlahnya ada 30. Berikut ini huruf-huruf hijaiyah :
No.
|
Huruf arab/
Huruf Hijaiyah
|
Nama
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
|
ا
ب
ت
ث
ج
ح
خ
د
ذ
ر
ز
س
ش
ص
ض
ط
ظ
ع
غ
ف
ق
ك
ل
م
ن
و
ه
لا
ء
ي
|
Alif
Ba’
Ta’
Tsa’
Jim
Kha
Kho
Dal
Zal
Ra
Za
Sin
Syin
Sad
Dhat
Ta
Tho
‘Ain
Gain
Fa
Qaf
Kaf
Lam
Mim
Nun
Wau
Ha
Lam Alif
Hamzah
Ya
|
b) Tanda baca huruf hijaiyah
Huruf hijaiyah di baca dengan harakat,
harakat adalah tanda baca. Disamping itu membuat huruf hijaiah agar memiliki
bunyi yang berbeda-beda yaitu tergantung harakat yang menyertainya. Berikut
jenis-jenisnya:
1.
Fathah َ
Fathah berupa garis diatas huruf
hijaiah, dan akan menyebabkan huruf hijaiyah berbunyi (a).
2.
Kasrah ِ
Berupa garis dibawah huruf hijaiah dan
akan menyebabkan huruf hijaiah berbunyi (i).
3. Dhammah ُ
Bentuknya mirip tanda koma, terletak
diatas huruf hijaiah dan akan menyebabkan huruf hijaiah berbunyi (u).
2. Melafazkan
serta menghafal Surah Al-Fatihah, Al-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab secara
benar dan fasih
a)
Surah al Fatihah
Al Qur’an berisi 144 surah dan 30 juz,
surah al Fatihah adalah surah pertama dan mempunyai arti pembuka, maksudnya
pembuka dari al Qur’an, surah al Fatihah terdiri atas 7 ayat diturunkan secara
lengkap langsung satu surah. Surah al Fatihah itu diturunkan di Mekah, maka di
sebut surah makiyah.
Juga di sebut ummul qur’an atau ummul
kitab artinya ibunya atau induknya al qur’an, karena berisi unsur pokok dalam
al qur’an, sebagai berikut:
1. Keimanan
2. Hukum islam
3. Kisah terdahulu
Berikut adalah surah Al Fatihah:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِم(ِ1)
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ(2) الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ(3) مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ(4) إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ
نَسْتَعِينُ(5) اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ(6) صِرَاطَ الَّذِينَ
أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ(7)
b) Surah An-Nas
Al-Qur’an diawali dengan surah
Al-Fatihah, diakhiri dengan surah An-Nas. Surah An Nas masuk dalam juz 30
urutan surahnya ke 144 dan terdiri atas 6 ayat dan diturunkan di Mekah sebelum
hijrah, sehingga surah An Nas termasuk surah Makiyah.
Surat tersebut di turunkan setelah surah
al falaq. Lafaz an nas artinya manusia diambil dari lafaz an nas yang ada di
akhir beberapa ayat. Surah an nas ini berisi tentang perintah Allah agar
manusia berlindung kepada Allah dari bisikan-bisikan buruk yang mengajak kepada
kejahatan serta kemaksiatan yang dilakukan jin dan manusia.
Berikut adalah surat An Nas :
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِم
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ(1) مَلِكِ
النَّاسِ(2) إِلَهِ النَّاسِ(3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ(4) الَّذِي
يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ(5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ(6)
c)
Surat Al falaq
Surat Al falaq adalah surat ke 133, termasuk dalam jus
30, terdiri atas 5 ayat dan terletak setelah surah al Ikhlas. Surat ini
diturunkan setelah surat al fil, Nama al falaq ini artinya waktu subuh diambil
dari lafaz al falaq pada ayat pertama surat tersebut. Surat al falaq termasuk
surah makiyah karena diturunkan di kota Mekah sebelum nabi hijrah ke kota
Madinah.
Berikut adalah surah al falaq:
بسم الله الرحمن
الرحيم
قُلْ أَعُوْذُ
بِربِّ الفَلَقِ(1)مِنْ شَرِّمَا خَلَقَ(2)وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِ ذَا وَقَبَ(3) وَمِن شَرِّ
النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ(4) وَمِن
شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ(5)
Surah al falaq ini berisi tentang perintah Allah agar manusia berlindung
kepada Allah, hampir sama dengan surah An Nas, tetapi ada perbedaan antara
keduanya. Dalam surah An Nas manusia berlindung dari jin dan manusia sedangkan
dalam surah al falaq manusia berlindung dari semua makhluk serta dari semua
bentuk kejahatan.
d) Surah Al Ikhlas
Surah al ikhlas adalah surah ke 122,
termasuk juz 30, dan terdiri atas 4 ayat. Surat ini diturunkan setelah surah An
Nas, letaknya setelah surah al lahab dan surah ini termasuk surah makiyah
karena surah ini diturunkan di kota Mekah.
Lafaz al ikhlas berarti memurnikan ke
Esaan Allah. Surah ini berisi tiga hal penting yaitu:
a. Penegasan kemurnian ke Esaan Allah.
b. Penolakan segala macam kemusyrikan.
c.
Penegasan bahwa tak ada yang menyamai Allah.
Berikut adalah surah Al Ikhlas:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ(1) ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3 )وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿4)
قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ(1) ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3 )وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿4)
e)
Surah Al lahab
Surah al-lahab merupakan surah yang ke
111 yang terdiri atas lima ayat. Surah al-lahab ini menceritakan paman
rasulullah dan istrinya, mereka memusuhi islam. Paman rasulullah itu berbeda
dengan abu lahab, abu lahab dan istrinya tidak mau beriman kepada Allah dan
rasulullah. Mereka mencela rasulullah, menyebar fitnah, mengajak orang lain
memusuhi rasulullah. Sehingga Allah membencinya dan mereka akan dimasukkan
kedalam neraka tidak ada yang dapat menolongnya.[1]
Berikut adalah surah Al lahab:
تَبَّتْ يَدَاأبِي لَهَبٍ و تَبَ(1) مَا
أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَب(2) مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا
كَسَبَ(3) سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ(4) وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ(5)
فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَد(6)
No comments:
Post a Comment