MEDIA
DAN SUMBER PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS DI MI/SD
Makalah
ini disusun untuk memenuhi persyaratan mata kuliah
“MATERI DAN PEMBELAJARAN QURDIS DI SD/MI”
Dosen
pengampu:
Zam
Zam Mustofa, S.Pd.I, M.pd
Disusun
oleh kelompok : 4
1.Kholilatul Ummah (2106171204)
2. Musarofah (210617181)
3. Rina Safitri (210617195)
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI PONOROGO
2018
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah
SWT karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah tentang Strategi dan Metode Pembelajaran Qur’an Hadis di
MI ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami
berterima kasih pada Bapak Zamzam Mustofa, S.Pd.I., M.Pd. selaku Dosen pengampu
matakuliah Materi dan Pembelajaran Qur’an Hadis di MI/SD IAIN Ponorogo yang
telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam
rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari sepenuhnya
bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan
makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada
sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah ini dapat dipahami bagi
siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat
berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon
maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon
kritik dan saran yang membangun dari Pembaca demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.
Ponorogo, 01 Oktober 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
Kata pengantar ........................................................................................... i
Daftar isi ..................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang..................................................................................... 1
B.
Rumusan masalah ................................................................................ 1.........
C.
Tujuan penulisan .................................................................................. 1.........
BAB
II PEMBAHASAN.........................................................................
2
A.
Pengertian Media Pembelajaran Qur’an Hadis di MI............................ 2.........
B.
Ciri-Ciri Media Pembelajaran..............................................................
4
C.
Manfaat, Fungsi
dan Tujuan Media Pembelajaran.................................
4
D.
Macam-Macam
Media Pembelajaran..................................................
7
BAB
III PENUTUP ................................................................................ 9
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................. 10
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Belajar
adalah suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang sepanjang hidupnya. Proses
belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan orang lain
dan juga orang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar bisa dilakukan
dimana saja dan kapan saja. Dalam belajar mengajar seorang guru membutuhkan
alat-alat untuk membantu proses belajarr mengajarnya dengan kata lain yaitu
media pembelajaran.
Gerlach
dan Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa
media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin
guru tidak mamapu atau kurang efisien melakukan
Ada
banyak sekali media pembelajaran yang dapat kita gunakan untuk membantu proses
belajar mengajar. Kita juga bisa menggunakan organ tubuh kita ataupun alat yang
ada disekitar kita. Nah, adapun pengelompokan media pembelajaran secara umum.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian media pembelajaran ?
2. Apa
saja media pembelajaran yang ada di sd/mi ?
3. Bagaimana
manfaat, fungsi dan tujuan pembelajaran di sd/mi ?
4. Apa
macam-macam media pembelajaran ?
C.
Tujuan
penulisan
1. Mengetahui
pengertian media pembelajaran di SD/MI.
2. Mengetahui
media pembelajaran yang ada di SD/MI.
3. Mengetahui
manfaat,fungsi dan tujuan pembelajaran yang ada di SD/MI.
4. Mengetahui
macam-macam media pembelajaran di SD/MI.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media
Dan Sumber Pembelajaran
Belajar
adalah suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang sepanjang hidupnya. Proses
belajar itu terjadi karena adanya interaksi antara seseorang dengan orang lain
dan juga orang dengan lingkungannya. Oleh karena itu, belajar bisa dilakukan
dimana saja dan kapan saja. Dalam belajar mengajar seorang guru membutuhkan
alat-alat untuk membantu proses belajarr mengajarnya dengan kata lain yaitu
media pembelajaran.
1. Pengertian
media pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara kharfiyah berarti
tengah, perantara, atau pengantar. Dalam bahasa Arab media adalah perantara
atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach dan Ely
(1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah
manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu
memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Secara lebih khusus
pengertian media proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat-alat
grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun
kembali informasi visual atau verbal.[1]
Adapun pengertian media pembelajran menurut para
ahli diantaranya: Muhammad Ali mengemukakan bahwa “ media pengajaran diartikan
sebagai suatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, motivasi, pikiran,
perasaan, perhatian siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.[2]
Yusuf Hadi Miarso mengatakan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa
sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar dari diri pembelajar.
Media pembelaajaran adalah segala
sesuatu bentuk perangsang dan alat yang disediakan guru untuk mendorong siswa
belajar secara cepat, tepat, mudah, benar dan tidak terjadi verbalism. Media
pembelajaran adlah alat bantu pendengaran dan penglihatan bagi peserta didik
dalam rangka memperoleh pengalaman belajar secara signifikan.[3]
Jadi media pembelajaran adalah segala
sesuatu atau alat dalam berbagai bentuk yang digunakan oleh seorang guru untuk
mempermudah siswa untuk menerima materi yang akan diajarkan tersebut.
2. Pengertian
sumber pembelajaran
Istilah sumber belajar dipahami sebagai
perangkat, bahan, peralatan, pengatur, dan orang dimana pembelajar dapat
berinteraksi dengannya yang bertujuan untuk memfasilitasi. Sumber disini tidak hanya
terbatas dengan peralatan dan bahan yang digunakan dalam proses belajar dan
mengajar. [4]
Jadi sumber pembelajaran adalah
sumber-sumber yang mendukung pebelajaran termasuk penunjang materi, lingkungan pembelajran. Sumber belajar juga mencakup segala hal yang
tersedia untuk membantu individu atau siswa belajar menunjukkan kemampuan dan
kopetensinya.
Berdasarkan definisi diatas maka media dan
sumber belajar memiliki kesamaan disuatu sisi dan juga perbedaan disisi lain.
Persamaannya, ketika media berfungsi sebgai sumber untuk membentu individu
dalam proses pembelajaran. Misalnya, media vidio yang berisi materi atau bahan
pebelajaran baik dalam kelas ataupundiluar kelas, maka kedudukan media vidio
sama dengan sumber belajar.
Tetapi, jika media visual yang hanya
berfungsi peralatan sebagai peralatan fisik saja berfungs sebagai perantara
antara sumber dengan penerima informasi, maka peralatan visual tersebut
hanyalah media dan bukan sebagai sumber belajar.
B.
Ciri-
Ciri Media Pebelajaran
Gerlach
dan Ely (1971) mengemukakan tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa
media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin
guru tidak mamapu atau kurang efisien melakukan.
1. Ciri
Fiksatif ( Fixative property)
Ceri ini mengambarkan kemampuan media
rekam, menyimpan, melestarikan, dan merekontruksi suatu peristiwa atau objek.
Suatu peristiwa atau objek dapat diurutkan dan disusun kembali dengan media
foto, vidio dan lain sebagainya. Dengan ciri ini, media memungkinkan suatu
rekaman kajian atau objek yang terjadi pada waktu tertentu ditransportasikan
tampa kenal waktu.
2. Ciri
Manipulatif (Manipulative property)
Transformasi suatu kajadian atau objek
dimungkinkan karena media memiliki ciri menipulatif. Kejadia yang memungkinkan
membutuhkan waktu berhari-hari dapat disjikan dengan waktu yang singkat dengan
teknik pengambilan gambar Time lapse
recording. Misalnya bagaimana larfa menjadi kepompong kemudia menjadi
kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografi tersebut.
3. Ciri
Distributif ( Distributive property)
Ciri ini dari media memungkinkan suatu
kejadia dapat dipindah melalui ruang dan secara bersamaan kejadia tersebut
disajikan kepada para peserta didik dengan setimulus pengalaman yang relatif
sama mengenai kjian tadi.
C.
Manfaat,
Fungsi dan Tujuan Media Pembelajaran
1. Manfaat
media pembelajaran baik secara umum atau khusus sebagai alat bantu pembelajaran
bagi pengajar dan pembelajar.
a. Manfaat
media dan sumber pembelajaran
1) Pembelajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2) Bahan
pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami leh siswa
dan memungkinkan menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran.
3) Metode
pengajaran akan lebih bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui
penutran kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru idak
kehabisan tenaga.
4) Siswa
dapat lenih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan
uraian dari gurunya. Tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan,
mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.
b. Manfaat
media pembelajaran bagi pengajar
1) Memberikan
pedoman, arah untuk mencapa tujuan pebelajaran.
2) Menjelaskan
struktur dan urutan pengajaran secara baik
3) Memberikan
kerangka sistematis mengajar secara baik
4) Memudahkan
kendali pengajaran terahadap materi pelajaran.
5) Memberikan
dan meningkatkan variasai belajar.
6) Meningkatkan
kualitas pengajaran.
7) Menciptakan
kondisi dan situasi belajar yang menyenangkan dan tanpa tekanan.
8) Membangkitkan
rasa percaya diri seorang pengajar.
c. Manfaat
media belajar pembelajar adalah
1) Meningkatkan
motivasi belajar pembelajar,
2) Memberikan
dan meningkatkan variasi belajar bagi pembelajar,
3) Memudahlkan
pembelajaran untuk belajar,
4) Merangsang
pembelajaran untuk berfikir dan beranalisis,
5) Pembelajaran
dalam kondisi dan situasi belajar yang menyenangkan dan tanpa tekanan,
6) Pembelajar
dapat memahami materi pelajaran secara sistematis yangdisajikan.[5]
d. Fungsi
Media Pembelajaran
Levie dan Lentz mengemukakan empat
fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu (a) fungsi atensi, (b)
fungsi afektif, (c) fungsi kognitif, (d) fungsi kompensatoris.
Fungsi atentis media visual merupakan
inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada
isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau
menyertai teks materi pelajaran. Seringkali siswa pada awal pebelajaran siswa
tidak tertarik denan materi atau mata pelajaran itu merupakan salah satu
pelajaranyang tidak disenangi oleh mereka seehingga mereka tidak memperhatikan.
Fungsi afektif media visual dapat
terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang
bergambar. Gambar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap sisw,
misalnya informasi yang menyangkut masalah sosial atau ras.
Fungsi kognitif media visual terlihat
dari temuan-temuan penelitian yang
mengunggkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan
untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
Fungsi kompensatoris media pembelajaran
terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk
memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan
informasi dalam teks dan mengingatnya
kembali. Dengan kata lain, media pebelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan
siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan
dengan teks atau disajikan secara verbal.
e. Tujuan
penggunaan media pembelajaran
Secara umum tujuan pengguanaan media
pembelajaran adalah memudahkan guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi
pembelajaran kepada siswanya. Agar pesan mudah dimengerti, lebih menarik, dan
lebih menyenangkan kepada siswa. Sedangkan secra khusus media pembelajaran
digunakan dengan tujuan
1) Memberikan
pengalaman belajar yang berbeda dan bervareasi sehingga merangsan minat siswa
untk belajar.
2) Menumbuhkan
sikap dan keterampilan tertentu dalam bidang teknologi.
3) Menciptakan
situasi belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa.
4) Untuk
mewujudkan situasi belajar yang efektif.
5) Untuk
memberikan moivasi belajar kepada siswa.
D.
Macam-Macam
Media Pembelajaran
Ada banyak sekali media pembelajaran
yang dapat kita gunakan untuk membantu proses belajar mengajar. Kita juga bisa
menggunakan organ tubuh kita ataupun alat yang ada disekitar kita. Nah, adapun
pengelompokan media pembelajaran secara umum itu ada empat yaitu
a. Media
Visual
Media visual adalah media yang bisa
dilihat media ini mengandalkan indra penglihatan. Contoh media foto, media
gambar, komik, gambar tempel, poster, majalah, buku, miniatur, alat peraga dan
sebagainya.
b. Media
Audio
Media audio adlah media yang bisa
didengar, media ini mengandalkan indra telinga sebagaisalurannya. Contoh suara,
musik dan lagu, alat musik, siaran radio, dan kaset suara, atau cd dan
sebagainya.
c. Media
Audio Visual
Media audio visual adalah media yang
bisa didengar dan dilihat secara bersamaan. Media ini menggerakkan indra
pendengaran dan penglihatan secara bersama. Contoh media drama, pentasan, film,
televisi, dan VCD.
d. Multimedia
Multi media adalah semua jenis
media yang terangkum menjadi satu. Contoh internet, belajar dengan menggunakan
media internet artinya mengaplikasikan semua media yang ada, termasuk
pembelajaran jarak jauh.[6]
Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media
terbagi menjadi dua yaitu :
a.
Media yang
memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televise. Melalui
media ini siswa dapat mempelajari hal-hal atau kejadian-kejadian yang actual
secara serentak tanpa harus menggunakan ruangan khusus. Perkembangan mutak menunjukkan
bahwa pemakaian media internet sedang di galakkan. Dengan internet situasi
local, nasional bahkan global dapat diketahui.
b.
Media yang
mempunyaidayaliput yang terbatasolehruangdanwaktuseperti film, video,
dansejenisnya.
Dilihatdariteknikpemakaiannya
media terbagimenjadiduayaitu :
a. Media
yang diproyeksian seperti film, film strip, transparasi, dan lain sebagainya.
Jenis media yang demikian memerlukan alat proyeksi khusus seperti film
projector, OHP dan in focus. Tanpa dukungan alat proyeksi semacam ini, maka
media ini tidak akan berfungsi.
b. Media
yang tidak diproyeksikan seperti gambar, foto, lukisandan lain sebagainya.[7]
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
media pembelajaran adalah segala sesuatu atau
alat dalam berbagai bentuk yang digunakan oleh seorang guru untuk mempermudah
siswa untuk menerima materi yang akan diajarkan tersebut. Sumber belajar dapat
kita peroleh darimana dan kapan saja, kita bisa menggunakan lingkungan maupun
media lain untuk dijadikan sumber belajar. Manfaat media pembelajaran salah
satunya adalah untuk mempermudah pembelajar untuk belajar. Fungsi media
pebelajaran menurut Levie dan Lentz
mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khususnya media visual, yaitu (a)
fungsi atensi, (b) fungsi afektif, (c) fungsi kognitif, (d) fungsi
kompensatoris macam-macam media pembelajaran ada empat yaitu visual, audio,
audio visual, multimedia.
REFERENSI
Ali, Muhammad. Guru dan Proses Belajar Mengajar.Bandung:
Sinar Baru. 1992.
Arsyad,Azhar. media pembelajaran .Jakarta: Pt
RajaGrafindo Persada, 2015.
Hanafiyahya, Nanang dan Cucu Suhana. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Refika Aditama. 2009.
Sanaki, Hujair AH.
Media
Pembelajaran Interaktif-inovatif.
Satrianawati. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: CV
Budi Utama. 2018.
[2]
Muhammad Ali, Guru dan
Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 1992), 4.
[3] Nanang Hanafiyahdan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung,
PT Refika Aditama, 2009), 59-60.
[5]
Hujair AH Sanaki, Media Pembelajaran Interaktif-inovatif, 5-6.
[6]
Satrianawati, Media dan Sumber Belajar (Yogyakarta: CV
Budi Utama, 2018), 8-9.
[7]
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran ( Jakarta: PT
Grafindo Persada, 2007), 4.
No comments:
Post a Comment